Tumpeng Tradisional Sunda yang Dipermodern

11:55 | 29 Jun, 2012 | Rubrik: Info Kuliner | Penulis:

Siapa pun pasti mengenal dan pernah mencicipi tumpeng. Biasanya, tumpeng ini dibuat untuk menyambut hari-hari raya atau perhelatan pernikahan dan khitanan atau juga milad kelahiran seseorang. Tumpeng adalah masakan tradisional Sunda. Di lembur, tumpeng itu biasa saja dibuat seperti lazimnya. Isinya daging ayam dan telor.

Perkembangan situasi, banyak orang yang mulai menciptakan makanan tradisonal itu yang kemudian dipermodern. Sekarang ini, anda pun sudah mulai merasakan tumpeng tradisional Sunda itu yang diolah lagi dengan bumbu pilihan dan apik berikut lauk pauknya yang terasa sensasional.

Bahkan, sekarang ini jika anda tidak ingin repot harus memasak sendiri di rumah yang terkadang dikejar waktu, bisa memesan kepada akhlinya. Katakan saja, Anita di Jalan Terusan Ciliwung No. 4 Bandung memiliki keakhlian meracik tumpeng yang tradisional dengan tampilan yang dipermodern, siap melayani pesanan walau pun belum punya tempat khusus.

Anita mengolah tampilan nasi tumpeng dengan racikan yang apik dengan citarasa yang mengena di lidah siapa pun. “Walau masih produksi di rumah tetapi pemesannya bukan saja kalangan masyarakat juga banyak pemesan yang mengadakan perhelatan di hotel. Hanya saja saya belum bisa menerima pesanan untuk lebih dari 500 porsi”, ucapnya saat ngobrol dengan Tabloid Info Wisata.

Ternyata, Anita yang tidak berani melayani pemesan lebih dari 500 porsi karena ia ingin menjaga kualitas tumpeng. Sebab, biasanya jika lebih dari itu, racikan pun jadi berubah dan mungkin saja citarasanya jadi berlainan. “Bukan tidak mampu, melainkan karena ingin menjaga kualitas”, tegasnya.

Tampilan cantik dengan racikan yang dijaga kualitasnya amat digandrungi para tamu yang menghadiri perhelatan di hotel. Karena pesanan pula, ia pun selain menyediakan tumpeng juga nasi tutug tempe. Kuliner yang satu ini juga banyak yang memesannya karena disajikan renyahan goreng tempe yang mengena di lidah.

Anda pun dapat memesan nasi pepes dengan racikan yang pas dan apik dengan bahan-bahannya pilihan. Berbagai masakan Sunda juga tersedia di house production Anita ini juga dengan tetap menjaga kualitas. Demikian halnya dengan colenak yang bahannya dari tape singkong dengan kincanya yang dibuat dari gula pilihan.

Para konsumen pun bisa memilih makanan yang dikehendakinya. Ada nasi tutug, nasi goring terasi, nasi daun jeruk, nasi daun seledri, nasi goring lidah, nasi pepes berikut lauk pauknya. Nasi tumpeng dengan lauk pauknya, nasi uduk, nasi kuning berikut lauk pauknya. Tersedia juga yang namanya nasi bali dengan lauk pauknya.

Bahkan Anita pun menyediakan desserts es kelapa nangka, rujak coel, pudding coklat mousse, jello fruit, es buah, colenak dan pisang bakar serta sarikaya. Kuliner lainnya juga tersedia demi kepuasan konsumennya. Tumpeng Tradisional, Jl. Terusan Ciliwung No.4 Bandung (E.Riani)

- Infowisata :

bjb