Pasar Hewan di Kota Bandung

09:00 | 3 Nov, 2010 | Rubrik: Wisata Kota | Penulis:

Pasar Burung Hias Sukahaji

Pasar Burung Hias Sukahaji

Bandung ternyata bukan saja sebagai kota bunga, kota pendidikan, kota kuliner atau kota fashion, melainkan juga sebagai kota unik. Berbagai sebutan pasar juga ada di Kota Bandung. Untuk aneka jenis unggas dan burung ada di pasar burung Sukahaji dekat ke Andir, di Jl. Peta, juga pasar ikan hias di Jl. Peta juga dekat ke Tegalelga. Siapa yang memulai membangun pasar itu, tak ada yang tahu. Demikian halnya untuk aneka jenis kucing dan anjing turunan luar negeri. Jika ingin yang unik, akan didapati di depan pusat perbelanjaan Jl. Merdeka. Di sini, dijajakan aneka jenis reptil, amphibi seperti ular, katak dan kalajengking.

Pedagang Ikan Hias

Pedagang Ikan Hias Jalan Peta Bandung

Di pasar burung Sukahaji, demikian orang-orang lebih mengenalnya. Di sini dipasarkan aneka jenis burung ocehan, burung merpati atau ayam pelung, ayam adu dan ayam bibit. Harga per ekornya dapat dikatakan relatif rendah. Tapi itu pun tergantung selera. Jika merasa sreg, adu tawar pun terjadi.

Tampaknya di antara penjual dan pembeli seperti sudah pada kenal. Mereka demikian akrab ngobrol soal turunan burung atau unggas. Soal harga tidak masalah. Justru seleralah yang membangkitkan fulus harus keluar dari kocek.

Masih di Jl. Peta dari Sukahaji ke arah timur, dekat ke Tegalega, sebelah kanan berjajar para pedagang ikan hias. Aneka jenis ikan hias dijajakan di sini. Semuanya sudah ada wadahnya. Dari keler kecil atau plastik putih yang sudah diberi udara dimasukan ikan-ikan hias itu. Terlihat manis dan pikabitaeun. Harganya juga tergantung jenis ikan hiasnya.

Yang mendatangi kedua pasar itu, bukan saja warga Bandung, melainkan juga banyak pelancong dari berbagai Kota di Jawa Barat. Malah, wisatawan dari Jakarta selain ingin menikmati kuliner, fashion atau udara yang sejuk Kota Bandung, juga banyak yang me-ngunjungi pasar ikan hias dan pasar burung. Siapa tahu ada yang sreg. Pasti membelinya. Lumayan buat oleh-oleh.

Ingin membeli aneka jenis kucing dan anjing berbagai jenis turunan mancanegara? Anda pun bisa membelinya di Jl. DR. Radjiman. Dekat bunderan itulah banyak dijajakan aneka kucing semacam angora dan anjing-anjing yang lucu turunan mancanagara. Harganya memang sulit diterjemahkan. Ada yang mahal dan ada pula yang murah.

Tetapi jika anda ingin memiliki aneka reptil dan amphibi yang unik, bisa mengunjungi pusat perbelanjaan di Jl. Merdeka. Di sini anda akan menyaksikan ada kodok yang bule, aneka jenis dan warna ular bahkan aneka kalajengking pun tersedia di sini. Harganya? Itu tergantung selera. Kocek akan mengikutinya jika selera telah dijatuhkan kepada salah satu jenis.

Memang Bandung Kota aneka macam yang unik. Unik karena karya kreativitas warga, unik karena jenis yang diperdagangkan dan unik karena Kota Bandung memiliki aneka kelengkapan sebagai daya magnit yang mampu menarik wisatawan. (Tedy AF)

- Infowisata :

bjb